Cara Mudah Download Subtitle (CC) Video YouTube

Cara Mudah Download Subtitle Video di YouTube - YouTube saat ini selain dikenal sebagai media untuk mencari uang YouTube juga sering dijadikan sebagai media untuk berbagi video yang bisa dimanfaatkan untuk mencari hiburan, informasi, atau pembelajaran melalui internet.

Semakin hari YouTube terus meningkatkan kualitasnya dengan mengadakan beragam fitur baru yang menarik dan mempermudah para penggunanya. Salah satunya adalah fitur CC atau Closed Caption.

CC atau Closed Caption bisa disebut sebagai subtitle yang tidak terkait pada video tersebut atau biasa dikenal juga sebagai softsub, CC pada YouTube juga biasanya juga tidak hanya mensubtitlekan bahasa yang digunakan didalam video saja, namun bisa saja dalam beragam bahasa, tergantung dengan relawan atau orang yang secara sukarela membuat subtitle untuk video tersebut.

Cara Mudah Download Subtitle (CC) Video YouTube

Seperti yang diawal tadi saya sebutkan, YouTube juga terkadang dijadikan sebagai alat pembelajaran, contohnya sebagai pembelajaran berbahasa Inggris atau lainnya. Atau ingin melakukan karaoke dengan ditambahkan subtitle karena belum fasih berbahasa asing. Dan bila Anda masih belum lancar dan sedikit kesulitan, Anda dapat mengunduh video tersebut beserta CC / subtitlenya untuk dipelajari secara offline.

Cara Download Subtitle (CC) Video YouTube

  1. Masuk ke video YouTube yang ingin Anda unduh CC atau softsubnya. Pastikan di video tersebut tersedia fitur CC atau subtitlenya. Biasanya Anda dapat melihat logo CC disebelah tombol gear didekat pengaturan video.
  2. Selanjutnya, Copy URL video YouTube tersebut, dan masuk pada URL ini.
  3. Cara Mudah Download Subtitle Video di YouTube
  4. Paste-kan URL video YouTube yang telah dicopy tadi, kemudian klik tombol Download. Karena situs ini terdapat iklan pop-up, pastikan jangan tertipu dengan halaman yang terbuka sendiri yang menyuruh Anda untuk mendownload software, aplikasi atau sejenisnya.
  5. Cara Mudah Download Subtitle Video di YouTube
  6. Kemudian, klik tombol Download sesuai dengan bahasa subtitle yang ingin Anda download.
  7. Cara Mudah Download Subtitle Video di YouTube
  8. Bila ingin memasukan subtitle kedalam video saat diputar secara offline dengan menggunakan video player, pastikan Anda menaruh file subtitle (.srt) dengan file video dengan menggunakan nama file yang sama. 
  9. Cara Mudah Download Subtitle Video di YouTube

Salah satu hal yang menarik dari situs ini adalah, walaupun pada video di YouTube tidak ada bahasa yang dicari, setelah memasukan URL video YouTube di situs ini, Anda dapat menemukan subtitle dengan bahasa yang tidak ada pada video di YouTube, asalkan pada video YouTube tersebut telah ada CC memakai bahasa Inggris, jadi Anda tidak perlu repot menterjemahkannya. Cara mengunduhnya yaitu pada opsi nomor 4 diatas, Anda hanya perlu mencari bahasa yang Anda cari dibawah Or translate from English to, kemudian setelah ditemukan bahasa yang dicari, klik download.

Selain dapat mengunduh subtitle CC pada YouTube, situs ini juga dapat mengunduh berbagai CC pada situs-situs seperti Kocowa, Kcon.tv, Google Drive, Viu, Facebook, Naver, OnDemandKorea, VLive, dan masih banyak lagi. Caranya sama yaitu dengan hanya menginsert atau memasukan URL Video ke kolom Download seperti diatas. Situs ini sangat support baik pada platform PC atau pada mobile device seperti Android atau iOS.

Nah begitu saja tutorial Cara Mudah Download Subtitle (CC) Video YouTube, semoga dapat membantu Anda, apabila masih kesulitan atau ada pertanyaan terkait artikel diatas, silahkan komentar dibawah ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel