Cara Kompres Ukuran Gambar Tanpa Pecah di Android

Cara Kompres Ukuran Gambar Tanpa Pecah di Android - Dalam kehidupan sehari-hari baik didunia maya atau di dunia nyata, gambar adalah point penting untuk memenuhi kebutuhan, misalnya seperti untuk melamar kerja offline atau online, mengupload persyaratan foto, atau untuk dimasukan ke media sosial atau blog pribadi untuk kepentingan pribadi.

Kadang kala kita tidak terlalu memperhatikan ukuran atau size sebuah gambar atau foto, karena diniliai bukanlah suatu hal yang sangat penting, namun dalam beberapa kasus,
ukuran gambar adalah suatu hal yang penting, seperti dapat lebih memperluas ruang penyimpanan, dan mempercepat loading sebuah halaman yang memuat gambar tersebut.

Bahkan dalam beberapa form seperti pada pendaftaran SBMPTN atau SNMPTN untuk siswa diharuskan mengupload gambar pribadi dengan ukuran atau size yang dibatasi, biasanya maksimal hanya 2MB saja. Mungkin semakin kecil ukuran gambar yang Anda upload pada pendaftaran tersebut dapat saja berpengaruh terhadap diterima atau tidaknya Anda.

Cara Kompres Ukuran Gambar Tanpa Pecah di Android

Di internet sendiri telah banyak situs yang memberikan tools gratis untuk mengkompresi gambar, namun kebanyakan dapat merusak kualitas foto menjadi buram dan lain-lain. Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan tutorial mudah mengcompress gambar di hp Android terbaru. Berikut adalah caranya.

Cara Kompres Ukuran Gambar Tanpa Pecah di Android

  1. Download dan install aplikasi Photo Compress 2.0 - Ad Free di Play Store.
  2. Buka aplikasinya kemudian diawal pada Get a Photo from pilih Gallery.
  3. Cara Kompres Ukuran Gambar Tanpa Pecah di Android
  4. Cari lokasi gambar yang akan di kompres, kemudian pilih gambar tersebut.
  5. Selanjutnya klik Compress.
  6. Kemudian taruh Quality ditengah tengah saja (rekomendasi).Terakhir klik Compress.
  7. Cara Kompres Ukuran Gambar Tanpa Pecah di Android

Gambar yang telah dikompresi menggunakan aplikasi ini akan secara default tersimpan di /storage/emulated/0/PhotoCompress. Atau Anda bisa cek langsung melalui galeri dengan nama folder PhotoCompress.

Selain memiliki tools kompress, aplikasi ini juga memiliki tools Resize Image (mengurangi ukuran gambar dengan mengganti ukuran pixel gambar), dan Crop Image (memotong bagian gambar)

Keunggulan dari aplikasi ini adalah selain simpel dan tidak ribet untuk melakukan proses kompresi juga ukuran aplikasinya yang tidak terlalu besar, sesuai dengan namanya aplikasi ini tidak memuat iklan sehingga tidak akan begitu mengganggu kita.

Selain dengan menggunakan cara diatas, untuk meng kompresi gambar Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi WhatsApp, yaitu dengan cara mengirim gambar ke teman atau akun WhatsApp kedua Anda (bila ada) kemudian download kembali gambar tersebut, maka otomatis ukuran gambar juga akan berkurang.

Nah begitulah tutorial kompress ukuran gambar di android tanpa pecah. Semoga dapat membantu Anda, apabila masih bingung, silahkan ajukan pertanyaan dikolom komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel