Cara Memunculkan Tombol Navigasi Home, Back dan Recent App

Cara Memunculkan Tombol Navigasi Home, Back dan Recent App - Sesuai dengan namanya, smartphone adalah ponsel pintar yang saat ini dapat digunakan untuk melakukan berbagai hal khususnya untuk mencari informasi atau berkomunikasi. Smartphone khususnya Android memiliki banyak sekali fitur menarik yang memudahkan penggunanya.

Sebagian dari vendor smartphone telah membekali produknya dengan tombol navigasi yang terdiri dari tombol Home, Back dan Recent App bukan terletak didagu smartphone, melainkan di dalam layarnya. Kelebihan apabila tombol navigasi yang terletak di dalam layar ini yaitu adalah untuk menghindari masalah yang sering terjadi seperti misalnya hilangnya sensitivity pada tombol navigasi atau tombol navigasi rusak di luar layar.

Cara Memunculkan Tombol Navigasi Home, Back dan Recent App

Disini kita menggunakan sebuah aplikasi bernama Simple Control (Navigation bar), yang banyak sekali fitur yang menarik. Kita bisa memodifikasi sesuka hati tombol navigasinya, jadi tidak mutlak harus tombol home, back, dan recent app. Tetapi bisa juga menjadi shortcut atau jalan pintas agar cepat membuka suatu aplikasi bila dibutuhkan. Dan juga kita bisa munculkan sesuka hati tombol navigasi bila sedang diperlukan dan juga bisa di sembunyikan (hide) agar tidak mengganggu ketika kita sedang mengetik dengan melakukan scroll ke atas atau ke bawah.

Cara Memunculkan Tombol Navigasi

  1. Download aplikasinya Simple Control (Navigation bar) di Play Store atau di situs yang menyediakannya atau disini.
  2. Setelah proses download dan penginstalan selesai, buka aplikasinya.
  3. Anda akan diarahkan otomatis ke Pengaturan Akses untuk aplikasinya.
  4. Klik tulisan "Simple control Navigation bar" dan Geser switch dari Off menjadi On.
  5. Anda tinggal pilih fitur yang ada didalamnya.
  6. Untuk memunculkan tombol navigasinya, anda tinggal scroll ke atas garis merah yang ada di bawah layar. Bila untuk menyembunyikan, anda tinggal scroll ke bawah.

Berbeda dengan ponsel yang secara default telah memiliki tombol navigasi didalam layar, menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menambahkan menu navigasi didalam layar memiliki beberapa keunggulan dan kekurangannya. Keunggulannya adalah Anda dapat memodifikasi tombol navigasi, mengatur letak tombol navigasi dan menyembunyikan tombolnya sesuka hati.

Baca Juga: Cara Membuat Android Menjadi Kamera CCTV

Namun kekurangan menggunakan aplikasi navigasi pihak ketiga ini adalah yaitu ketika Anda pakai akan tertutupnya sebagian fungsi dari aplikasi ketika kita memakai tombol navigasi ini, misalnya seperti saat membuka Google Chrome yang pada bagian footer  yaitu menu Bookmark dan Recent tabs akan tertutup oleh tombol navigasi ini namun tidak perlu khawatir Anda hanya perlu menyembunyikannya setelah selesai menggunakannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel