Cara Mengatasi Video Lag atau Blank di MX Player

Cara Mengatasi Video Lag atau Blank di MX Player - Memutar video kini dapat dilakukan kapanpun dimanapun hanya dengan menggunakan gadget atau smartphone. Pada gadget khususnya smartphone Anda dapat menikmati video baik itu film, video biasa atau anime dengan menggunakan aplikasi bawaan atau dengan menggunakan aplikasi ketiga yang lebih memiliki banyak fitur daripada aplikasi pemutar video bawaan.

Dengan beberapa keterbatasan, terkadang aplikasi pemutar video bawaan sering mengalami masalah diantaranya seperti video yang lag, patah-patah, audio yang tidak sinkron atau hanya menampilkan layar blank (hitam) saat memutar video.

Oleh karena itu, disarankan menggunakan aplikasi pemutar video lainnya yang lebih memiliki banyak fitur pengaturan untuk memperbaiki masalah tersebut.

Baca Juga: 7 Aplikasi Pemutar Video Android Terbaik

Salah satu aplikasi pemutar video yang paling banyak digunakan adalah aplikasi MX Player, pemutar video yang satu ini memiliki 2 versi yaitu versi gratis dan pro (berbayar), tentu saja ada perbedaan diantara kedua versi tersebut, versi gratis memiliki fitur terbatas dan menampilkan iklan, sementara versi pro memiliki banyak fitur dan tidak menampilkan iklan didalamnya.

Cara Mengatasi Video Lag atau Blank di MX Player

Namun meskipun telah menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk membuka video, terkadang masalah seperti lag, patah-patah, audio yang tidak sinkron atau hanya menampilkan layar hitam seringkali terjadi, hal itu mungkin terjadi karena resolusi video yang terlalu besar dan tidak sesuai dengan resolusi smartphone Anda.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan mx player settings agar Anda tidak mengalami masalah-masalah seperti yang saya tadi sebutkan.

Cara Mengatasi Video Lag atau Blank di MX Player

Pertama-tama, buka video yang mengalami masalah blank, lag, atau patah-patah di MX Player. Kemudian tap pada video hingga muncul menu pengaturan atau tulisan HW didekat pengaturan.

Cara Mengatasi Video Lag atau Blank di MX Player

Selanjutnya, klik pada HW kemudian ganti menjadi dekoder SW.

Cara Mengatasi Video Lag atau Blank di MX Player

Setelah dekoder berubah menjadi SW video Anda tidak akan mengalami lagi masalah.

Cara Mengatasi Video Lag atau Blank di MX Player

Karena biasanya secara default yang terpasang pertama kali adalah dekoder HW maka disarankan mengubah ke SW, bilamana pengaturan pertama kali menunjukan terpasang dengan menggunakan dekoder SW Anda bisa merubahnya menjadi HW atau HW+.

Saya sendiri belum memahami secara pasti mengenai dekoder HW, HW+, atau SW dan yang pasti cara ini sangat ampuh untuk mengatasi masalah lag video di MX Player.

Apabila Anda masih mengalami masalah lag atau lain sebagainya saya sarankan untuk mengunduh video dengan resolusi yang lebih kecil atau mengunduh video dengan format .mp4 atau selain .mkv. Atau Anda juga dapat menggunakan cara berikut Cara Mudah Mengatasi Video Lag di Android.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel