Cara Backup dan Restore Percakapan di Whatsapp Terbaru

Cara Backup dan Restore Percakapan di Whatsapp Mudah — Saat ini ada sebuah perintah secara tidak langsung yang "mewajibkan" para pengguna smartphone untuk menginstall aplikasi ini. Bagaimana tidak, karena para pegawai kantoran, anak sekolahan,para alumnus-alumnus pun giat-giat membuat grup Whatsapp untuk sharing informasi. Jadi bila anda tidak mempunyai aplikasi whatsapp ini, pastinya anda akan ketinggalan info-info dari rekan-rekan kita deh.

Cara Backup dan Restore Percakapan di Whatsapp Mudah

Bila untuk para pegawai kantoran, history (riwayat) percakapan di Grup Whatsapp ini menjadi sangat penting apabila menyangkut project yang akan atau sedang dikerjakan. Bila untuk para pelajar, riwayat percakapan bisa menjadi penting karena menyangkut pelajaran-pelajaran yang sedang dipelajari, ataupun untuk para alumnus, tentunya ingin tahu tentang kabar terkini teman lama kita dong.

Nah, kalau history chatting Whatsapp ini sangat penting bagi anda, mengapa tidak anda backup chattingan Anda agar bila terjadi hal yang tidak kita inginkan Anda akan dengan mudah mengembalikan atau memulihkan percakapan whatsapp yang secara tidak sengaja terhapus dengan merestore kembali data yang telah di backup.

Backup-an chatting pada Whatsapp ini nantinya bakal menjadi file bereksistensi txt.

Cara Backup Percakapan Whatsapp

  1. Pertama-tama, buka Aplikasi Whatsapp
  2. Lalu pilih "setting" -> "Chat" -> "Chat History" -> "Email Chat"
  3. Pilih kontak atau grup yang ingin anda backup history chat nya.
  4. Lalu akan muncul pop-up Without Media dan Attach Media. Anda tinggal pilih Gmail untuk membagikan backup-an tersebut.
  5. File TXT nya tak usah anda kirimkan, akan tetapi cukup anda simpan sebagai draft.
  6. Nah, History Chat Whatsapp anda telah tersimpan.

Cara diatas adalah cara untuk menyimpan percakapan atau chatting dengan seseorang atau satu grup saja, dan Anda tidak dapat melakukan restore agar chat tersebut masuk kembali ke aplikasi Whatsapp.

Cara lain untuk membackup percakapan adalah dengan masuk pada pengaturan, kemudian klik Chat Backup (cadangkan percakapan), terakhir klik Backup (cadangkan) atau Backup to Google Drive. Sementara dengan menggunakan cara backup ini, Anda dapat merestorenya kembali ke aplikasi Whatsapp.
Untuk menemukan file backup dengan mencadangkannya ke SD Card, Anda dapat menemukan file backup tersebut di folder /sdcard/WhatsApp/. Sementara untuk melakukan restore dengan sebelumnya Anda membackup chat di Google Drive, maka ketika Anda login akan dimintai untuk memulihkan percakapan dengan login melalui akun Google Drive yang Anda gunakan untuk menyimpan percakapan whatsapp tersebut.

Nah setelah berhasil di backup, data riwayat percakapan Anda akan aman dan tidak perlu khawatir percakapan Anda hilang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel