Setting Nox Untuk Bermain Game Agar Lebih Ringan

Setting Nox Untuk Bermain Game Agar Lebih Ringan — Nox adalah emulator android yang sangat ringan dan tidak memerlukan waktu lama untuk menunggu waktu installasi selesai. Nox sangat direkomendasikan untuk PC dengan spesifikasi yang medium-end.

Di artikel sebelumnya, teknorizen membahas mengenai Cara Mengatasi Nox App Player has Stopped WorkingMengatasi NOX App Player Stuck di 99%, dan Solusi Mengatasi LAG Pada NOX App Player.

Kali ini admin akan sedikit membahas mengenai cara setting nox agar lebih ringan, khususnya untuk digunakan bermain game android, cara ini sebetulnya tidak terlalu berbeda dengan cara-cara yang telah saya berikan pada artikel nox sebelumnya, namun kali ini saya akan membahas secara lebih terperinci.

Setting Nox Untuk Bermain Game Agar Lebih Ringan

Game yang sering menjadi masalah seperti lag pada emulator ini adalah game mobile legends, aov, dan game serupa lainnya. Untuk itu, kali ini saya akan membagikan tutorial agar nox menjadi ringan ketika menjalankan gamenya.

Tutorial yang saya bagikan ini adalah pengalaman dan analisa saya pribadi setelah beberapa lama menggunakan emulator nox, dan disini saya emulator nox dengan spesifikasi komputer standar yaitu RAM 8GB, proccessor AMD Phenom II X4 955 (4 CPUs) dan VGA Radeon 270 2GB.

Setting Nox Untuk Bermain Game Agar Lebih Ringan

Beberapa versi Nox mungkin memiliki interface yang sedikit berbeda, dan kali ini saya menggunakan versi 3, dan yang saya ketahui, ada beberapa langkah untuk membuat nox menjadi ringan.

#1. Atur kapasitas RAM di emulator Nox

Secara default, setelah anda berhasil menginstall emulator nox, RAM yang digunakan pada nox hanyalah 1GB saja, akan tetapi anda dapat mengubah kapasitas RAM sesuai dengan kapasitas RAM yang komputer anda miliki.

Cara untuk mengatur RAM adalah, pertama-tama masuk pada menu setting (logo gear) yang terletak di kanan atas.

Kemudian pilih menu Advanced, selanjutnya anda dapat memilih kapasitas RAM sesuai dengan kapasitas RAM yang komputer anda miliki, disana akan tersedia 4 opsi performance, yaitu LOW, MID, HIGH, dan custom. Anda dapat memilih opsi kustom untuk mengatur sendiri kapasitas RAM lebih dari 2GB atau anda juga dapat mengubah setelan CPU sesuai dengan kemampuan PC anda.

Setting Nox Untuk Bermain Game Agar Lebih Ringan

#2. Mengubah settingan app

Untuk versi terbaru Nox, fitur ini dapat ditemukan pada menu General, fitur ini sangat berguna sekali, sebelum menggunakan cara ini, Nox saya selalu force close dan lag yang sangat parah, namun setelah menggunakan cara ini, masalah lag yang sangat parah dapat terselesaikan.

Untuk mengubah settingan app sangatlah mudah... masuk pada menu setting (seperti cara pertama), pada menu General pilih Low dan buka kembali menu Advanced Settings lalu pilih Fast (DirectX).

Saya sendiri lupa apakah menu setting ini terdapat sebelum atau sesudah versi 3, namun bila anda menemukan menu ini pastikan setting sesuai arahan saya.

#3. Memaksimalkan performa VGA

Mengatur performa VGA Nvidia menjadi High Performance ini juga dapat membantu mengurangi lag atau patah-patah ketika bermain game.

Untuk mengatur VGA Nvidia ke High Performance anda hanya perlu masuk pada Nvidia Control Panel, caranya right-click di halaman Windows lalu klik Nvidia Control Panel, selanjutnya buka menu Manage 3D Setting dan atur sesuai gambar dibawah, lalu restart PC anda.

Setting Nox Untuk Bermain Game Agar Lebih Ringan

#4. Mengaktifkan virtualization technology

Dalam beberapa kasus kita perlu mengaktifkan virtualization technology agar dapat menjalankan sebuah program dengan sempurna, contohnya seperti menjalankan emulator Android pada komputer/PC.

Untuk mengaktifkan VT-x di PC anda, anda dapat membacanya di artikel Cara Mengaktifkan / Enable Virtualization Technology.

#5. Menghapus chache di media storage

Cara ini dapat membuat nox anda bekerja dengan cepat, untuk menghapus chache media storage, anda dapat menemukan media storage di setelan android > apps > all > media storage.

Setting Nox Untuk Bermain Game Agar Lebih Ringan

Nah, begitulah beberapa tips agar nox lebih ringan, apabila anda mengalami masalah lain, silahkan baca komentar pada artikel nox kami sebelumnya.

Dan apabila anda menemukan masalah lain, silahkan komentar atau hubungi saya melalui kontak form yang ada.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel