Cara Membuka File PDF di Google Chrome Android

Cara Membuka File PDF di Google Chrome Android — Tidak seperti file teks pada umumnya, PDF adalah ekstensi atau format yang digunakan untuk menyimpan berbagai dokumen berisi teks dan gambar yang bisa Anda buka dimana saja dan kapan saja.

Pada umumnya mungkin file teks yang anda kenal ialah file dengan ekstensi .doxc namun untuk membuka file tersebut Anda diwajibkan untuk memiliki Microsoft Office Word terlebih dahulu, karena file tersebut memang dirancang untuk Ms. Office.

Akan tetapi seiring berkembangnya zaman, Anda sekarang dapat mengubah file doxc menjadi PDF, atau membaca file doxc menggunakan aplikasi reader di Android.

Cara Membuka File PDF di Google Chrome Android
gambar: dctechlife.com

Namun saat ini, banyak dokumen dibuat dengan ekstensi PDF, selain ringan PDF juga dapat dibuka dimana saja dan kapan saja, di Android sendiri Anda dapat membukanya dengan aplikasi browser Google Chrome.

Diperlukan ekstensi agar dapat dibuka di browser Google Chrome, jadi Anda tidak perlu repot menginstal aplikasi reader  yang hanya akan memenuhi homescreen android Anda.

Dengan menggunakan chrome pdf viewer ini, Anda hanya perlu mengklik berkas pdf yang telah Anda unduh dan secara otomatis file pdf akan terbaca dengan menggunakan browser Google Chrome.

Cara Mengaktifkan Chrome PDF Viewer di Android

Langkah pertama, buka Play Store atau App Store kemudian cari dan install aplikasi Google PDF Viewer (Download disini).

Cara Membuka File PDF di Google Chrome Android

Selanjutnya, buka cari berkas PDF yang telah di unduh atau ada di file manager Anda, dan akan otomatis terbuka menggunakan Google Chrome.

Cara Membuka File PDF di Google Chrome Android

Kelebihan menggunakan file PDF sangatlah banyak, selain berkas yang ringan Anda juga dapat mencari kata atau keyword tertentu, sehingga Anda tidak perlu membaca satu-persatu kata untuk mencari keyword tertentu atau bisa juga memanfaatkan fitur copy-paste.

.. Anda juga dapat melakukan Zoom in atau Zoom out bila tulisan serasa tidak terlihat atau kecil.

Baca Juga: Cara Memperkecil Ukuran PDF Secara Online

Namun karena ini hanyalah sebatas ekstensi pada Google Chrome di android Anda tidak dapat mengedit teks atau gambar pada berkas PDF tersebut.

Untuk mengedit file PDF atau membuka menggunakan aplikasi reader khusus Anda dapat menginstall aplikasi Xodo PDF Reader,  Foxit PDF Reader, Office Suite + PDF Editor, dan lainnya yang bisa Anda cek langsung di Play Store dan App Store dengan kata kunci "PDF Editor".

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel