Cara Mengetahui Kondisi Hard Disk dengan Software

Hard disk atau lebih biasa dikenal dengan singkatan HDD, adalah komponen hardware paling penting untuk komputer, fungsi dari hard disk sendiri adalah untuk penyimpanan data, selain itu, tanpa adanya hard disk, komputer kita tidak dapat bekerja, pasalnya hard disk sendiri digunakan untuk menyimpan Operating System atau OS.

Selain digunakan untuk OS, diawal sudah saya katakan bahwa harddisk digunakan untuk penyimpanan data, dari software, musik, video, dan data-data penting lainnya. Pernahkah anda berfikir untuk mengetahui berapa lama lagi atau seberapa lama lagi hard disk anda akan tetap berfungsi, sehingga anda dapat sesegera membackup data yang ada pada hard disk tersebut apabila telah diketahui 'umur' hard disk tersebut tidak lama lagi?

Mengetahui Kondisi Hard Disk

Ya, disini saya akan membagikan cara bagaimana sih cara mengetahui kondisi/kesehatan dari hard disk itu sendiri, berikut adalah caranya:

1. Unduh software HDD Sentinel di situs HDSentinel (search di google).


2. Install seperti biasa softwarenya.
3. Buka softwarenya.
4. Done, anda bisa melihat kondisi hard disk.


Setelah anda berhasil menginstall, software ini akan menunjukan performance (kemampuan) serta health (kesehatan) pada hard drive kalian. Selain itu tersedia juga pendeteksi temperatur untuk mengukur suhu hard disk. Dan tersedia juga power on time, estimated remaining lifetime, dan total start/stop count.

Untuk software HDSentinel ini sendiri memiliki dua versi, yaitu free, dan pro. Untuk yang pro pasti memiliki lebih banyak keuntungan daripada yang free, dan yang saya gunakan untuk screenshot diatas adalah versi pro.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengetahui Kondisi Hard Disk dengan Software"

Posting Komentar

Centang Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi balasan dari kami.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel