Cara Mengetahui Keaslian Foto Tanpa Software


Internet merupakan sarana untuk mengorek informasi, lowongan pekerjaan, ataupun bencengkrama dengan manusia diseluruh pelosok bumi dengan menggunakan media sosial, sehingga kita dapat berkomunikasi dengan orang terdekat ataupun orang yang tak dikenal secara jauh.

Di internet juga kita bisa melakukan hal kejahatan apapun yang kita mau, baik itu memalsukan identitas ataupun lainnya. Adapun saat ini banyak software editing untuk memanipulasi sebuah foto atau gambar sehingga tak sedikit orang tertipu secara online atau real-life. Sampai-sampai pernah terjadi sebuah kasus pemerasan dengan modus menyebarkan foto palsu miliknya.

Maka dari itu kita wajib mengantisipasi hal tersebut dengan melakukan tindakan pencegahan, dan kalau bisa sih jangan percaya dengan gambar "indah" yang ada di media sosial, karena menurut saya pribadi gambar yang tersebar tersebut 80% merupakan hasil editan yang dilakukan oleh professional yang dimanfaatkan untuk tindakan jahat mereka.

Baik, kita balik lagi kejudul, untuk mengetahui keaslian sebuah foto tanpa harus mengunduh software ataupun aplikasi di smartphone, anda dapat mengetahuinya secara online dengan hanya membutuhkan akses internet saja juga foto atau gambar yang ingin anda ketahui keasliannya.

Cara Mengetahui Keaslian Foto Tanpa Software

1. Masuk ke situs web berikut (FotoForensics),

2. Masukan gambar yang ingin anda scan/dianalisa kebenarannya, anda bisa upload foto tersebut melalui link (#1) atau dengan mengupload dari file anda (#2),


3. Disini kita akan mencobanya dengan mengupload lewat file pc, lalu klik choose file dan cari foto atau gambar yang ingin kita analisa, setelah dapat gambarnya lalu kita upload saja,


4. Setelah itu pada samping kiri web terdapat analisis dari: Digest, ELA, JPEG%, Metadata, Original, keterangannya sebagai berikut:


  • Original: menampilkan tampilan asli dari foto tersebut.
  • ELA: untuk mengukur tingkat kesalahan foto, menu ini biasanya digunakan untuk mengetahui foto tersebut sudah pernah diedit atau belum.
  • JPEG %: untuk mengetahui kualitas terakhir kali foto tersebut disimpan, apabila kualitas dari foto tersebut memang baik, maka akan akurat juga ketika meneliti pada proses analisa menggunakan menu ELA.
  • Metadata: akan mengetahui tentang berbagai jenis software yang digunakan untuk menedit, atau bisa juga mengetahui jenis kamera apa yang digunakan untuk memotret foto/gambar tersebut.
  • Digest: menampilkan nama, jenis, ukuran, warna pada foto tersebut.

5. Selesai.

Ini dia beberapa uji coba yang telah saya lakukan di situs web ini.

Digest



Disini kita akan melihat beberapa macam detail mengenai gambar atau foto yang telah kita upload ke situs ini.

ELA


ELA adalah menu/fitur yang sangatlah penting, karena ini akan membantu kita mengetahui sebuah gambar tersebut telah diedit atau tidak. Pada gambar yang saya ujicoba, jelas saya tidak mengedit terlebih dahulu gambar tersebut sehingga pada gambar terlihat garis-garis yang berwarna putih yang tidak begitu menolok, nah apabila anda menemukan garis putih terang pada gambar yang sedang anda analisa, maka dapat kita simpulkan bahwa gambar tersebut telah melalui proses editing.

JPEG %


Akan menampilkan kualitas gambar anda, gambar yang harus anda upload minimal mempunyai kualitas sekitar 70% agar analisa akurat.

Metadata


Akan menampilkan data foto/gambar anda secara mendetail.

Gimana? cukup membantu kan? di era seperti ini anda memang harus lebih hati-hati karena kejahatan juga makin menjadi. Cegah sebelum terlambat!! wkwk

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel